Tuesday, June 9, 2009

Sang Juara


Di tengah kondisi krisis ekonomi global yang sekarang ini sedang melanda, biaya hidup semakin meningkat semetara tingkat pendapatan tetap dan bahkan beberapa perusahaan membatasi jam kerja atau bahkan ada yang terancam PHK. Kita tidak bisa lari dari kondisi ekonomi sekarang ini karena sifatnya yang meng-global, sehingga kita seorang diri takkan mampu untuk merubahnya, harus ada upaya bersama secara menyeluruh oleh bangsa sedunia.

Dengan kondisi ini, kita para karyawan yang menggantungkan pendapatan untuk membiayai operasional hidup ini dari gaji yang di dapatkan dalam tiap bulanya, harus melakukan upaya-upaya yang ‘tidak biasa’. Dalam kondisi yang luar biasa kita tidak bisa berharap untuk mendapatkan hasil yang lebih baik jika kita bekerja melalui cara-cara yang biasa.

Sebenarnya hikmah dari kondisi krisi ekonomi ini adalah kita medapatkan kesempatan untuk menunjukan bahwa kita adalah pribadi (karyawan) yang unggul, karena hanya pribadi benar-benar memiliki sikap hidup dan kualitas competencies yang baik, yang akan mampu mengatasi masalah.

Dalam suatu pertandingan olah raga hanya ada satu orang atau satu team saja yang menjadi juara, dan mereka adalah yang mampu: berlari lebih cepat, meloncat lebih jauh dan melompat lebih tinggi. Mungkin yang lain telah melakukan persiapan yang sama baik dan bahkan mungkin lebih baik, namun momentum hanya mampu dimanfaatkan oleh sang juara. Dan yang lain hanya menjadi biasa-biasa saja.

Sehingga untuk bisa mendapatkan imbalan hasil kerja yang lebih baik kita sebagai karyawan harus bisa memiliki pola pikir yang posistif, memandang bahwa keadaan krisis sekarang ini adalah suatu momentum yang tepat untuk membuktikan keunggulan competenciesn yang kita miliki. Selanjutnya upaya-upaya yang keras dan tanpa kenal lelah adalah langkah selanjutnya agar competencies yang kita miliki dapat maksimal menunjang hasil kerja yang unggul. Yang terakhir, jangan takut untuk menjadi berbeda dengan orang lain, karena seperti disampaikan di atas bahwa dalam pertandaingan juara pertama hanya ada satu.

No comments:

Post a Comment