Sunday, May 10, 2009

“Aku resign ah, udah ga tahan lagi!”


Mario Teguh dalam sebuah sesi “Golden Ways” di Metro TV mengatakan bahwa hakekat kehidupan adalah adanya pertumbuhan , sedangkan pertumbuhan itu sendiri hakekatnya adalah perubahan (berubah). Berubah menjadi lebih tinggi, lebih luas, atau lebih besar.

Dalam dunia kerja biasanya kita akan terpikirkan untuk resign jika menemui situasi yang tidak nyaman, antara lain jika kita berhadapan dengan situasi: tidak suka atau tidak disukai oleh atasan, perusahaan sedang mengalami krisis keuangan, merasa gaji yang kita dapatkan terlalu kecil, bosan dengan situasi kerja yang monoton.

Di antara alasan yang disampaikan di atas adalah hal-hal yang jika kita pindah kerja mungkin akan terjadi juga di tempat kerja yang baru.

Kesimpulannya adalah janganlah kita resign karena untuk menghindari masalah di tempat kerja sebelumnya. Hadapi dan selesaikanlah masalah yang sedang di depan kita dengan kesungguhan dan sikap profesionalitas. Karena pengalaman kita dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah akan menaikkan level kematangan dan profesionalitas kita, pada akhirnya akan menjadi nilai tambah yang memperkaya portfolio kita sebagai karyawan.

Sehingga bukanya kita semakin malas, ogah-ogahan, dan bahkan menghindarkan diri untuk bertanggung jawab. Tetapi tetap focus, dengan segenap competencies yang kita miliki semaksimal mungkin mengatasinya. Sejatinya kualitas seseorang akan semakin terlihat dalam dalam menghadapi situasi kritis.

Hendaknya jika kita resign atau pindah kerja lebih didasari oleh alasan yang menunjang pencapaian tujuan dan cita-cita karir kita. Seperti apa yang disampaikan oleh Mario Teguh di atas bahwa hanya akan resign (pindah kerja) jika mendapatkan tawaran pekerjaan yang menantang competencies yang kita miliki, mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar dan mendapatkan ragam pekerjaan yang lebih kaya. Karena semua itu akan meningkatkan level kematangan, competencies dan profesionalitas kita yang akan semakin mendekatkan kita pada arah pencapaian tujuan karir di masa depan.

Bicara mengenai salary dan benefit, semuanya akan mengikuti seiring dengan beban kerja, tanggung jawab yang diemban dan prestasi yang kita hasilkan.

No comments:

Post a Comment