Sunday, March 15, 2009

Bagaimana Menghindari Kesalahan dalam Nego Salary?


Dalam mengikuti proes recruitment tahap yang penting setelah segala macam proses seleksi dilalui dengan hasil gemilang, tahap selanjutnya yang sangat menentukan apakah seorang candidate akan terpilih untuk menempati posisi yang dilamar ataukah tidak adalah negosiasi gaji (salary negotiation).

Banyak employee yang telah diterima bekerja menyesal karena merasa salah dalam melakukan negosiasi gaji. Hal ini terjadi karena candidate tidak memiliki pemahaman mengenai sistem pengajian yang berlaku. Kebanyakan candidate menggunakan prasangka dan asumsi sendiri dalam ”pasang harga”, mereka merasa malu atau tidak enak hati bila banyak bertanya selama proses negosiasi. Selain juga tentunya karyawn yang bertugas melakukan nego salary mungkin menggunakan strategi agar candidate tidak banyak bertanya dan tidak menggunakan akal sehat dalam memutuskan.

Selain untuk candidates yang telah berpengalaman untuk mereka yang baru memasuki dunia kerja juga atau fresh graduated juga perlu untuk memiliki pemahaman ini.

Yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi nego salary adalah pemahaman tentang:



  1. System penggajian yang berlaku di perusahaan tersebut. Pada umumnya sistem penggajian ada dua jenis yaitu: Gaji Gross, yang artinya noinal yang Anda sepakati akan kena pemotongan pajak dan jamsostek; Gaji neto, yang artinya gaji yang Anda dapatkan tidak dipotong oleh pajak, kalaupun ada pemotongan biasanya adalah jamsostek.

  2. Komponen/tunjangan yang akan didapatkan selain gaji pokok. Hal ini perlu anda pahamiagar Anda bisa melakukan perhitungan dengan benar berapa kenaikan gaji yang didapatkan dan berapa potongananya dengan di perusahaan sebelumnya. Apa lagi setiap perusahaan berbeda-beda system penggajianya (refer pada poin 1) dan tunjangan yang diberikan namanya juga akan berbeda walaupun hakekatnya samaKarena kalau salah hitung bisa jadi Anda akan mendapatkan gaji yang sama dengan tempat kerja sebelumnya, bahkan bisa jadi lebih rendah.

Yang perlu disarankan untuk menghindari kesalahan dalam nego salary adalah sbb:



  1. Carilah informasi mengenai pasaran salary untuk jabatan yang Anda lamar agar bisa ditentukan mominal yang sesuai.

  2. Tanyakann secara detail apapun yang menurut Anda tidak jelas, dan minta untuk diberikan rincian perhitunganya seara detail. Ada beberapa orang yang malu atau ada perasaan tidak enak kalau banyak bertanya

  3. Mintalah perhitunganya secara tertulis dan ditanda tangani secara formal sebelum menyatakan menerima. Beberapa perusahaan akan memeberikan perincian secara tertulis jika nego secara lisan telah disepakati, sehingga jika hal ini terjadi mintalah waktu untuk memikirnya. Jangan membuat keputusan saat itu juga.

  4. Ambilah keputusan dengan akal sehat dan jangan terburu-buru, kalau perlu mintalah second opinion dari orang yang Anda anggap competent.

Demikian semoga bisa membantu Anda menentukan nominal yang sesuai bagi competencies yang dimiliki. Sukses untuk career anda di masa depan.

No comments:

Post a Comment